Wisata Alam di Kendal, Lengkap dari Gunung Sampai Pantai Indah Luar Biasa!

Kabupaten Kendal di Jawa Tengah punya julukan sebagai Kota Santri. Memang kehidupan di kota ini cukup religius tercermin dalam semboyan kotanya bertajuk Kendal Beribadat yang merupakan kependekan dari Bersih, Indah, Barokah, Damai, Aman, dan Tertib. Dibandingkan dengan Semarang yang menjadi tetangganya, geliat pariwisata di kota ini memang masih kalah pamor.

Meski Pariwisata kabupaten Kendal belum banyak dikenal publik akan tetapi potensi yang dimilikinya layak untuk diperhitungkan. Pilihan obyek wisata disana cukup lengkap hingga memudahkan traveler memilih sesuai dengan minatnya. Traveler awam hingga berpengalaman sekalipun tidak akan pernah menyesal jika menyambangi kota ini. Sebab Kendal memiliki banyak alasan untuk membuat traveler betah untuk tinggal.

1. Keindahan Gua Kiskendo dengan Sungai Bawah Tanah yang Bikin Traveler Betah

Alasan pertama mengapa Kendal tidak akan bikin menyesal dapat traveler jumpai kala berkunjung ke Gua Kiskendo. Gua yang belum banyak dikunjungi traveler ini memiliki arsitektur alam yang begitu megah. Eits, tidak cukup sampai di situ, di dalam gua ini mengalir sungai bawah tanah yang mempercantik gua.

Keindahan Gua Kiskendo dengan Sungai Bawah Tanah yang Bikin Traveler Betah, source ayung21

Gua Kiskendo terletak di desa Trayu, kecamatan Limbangan, bisa traveler tempuh dengan perjalanan selama 1,5 jam dari kota Semarang. Suguhan alam yang masih alami tanpa campur tangan manusia tentu akan memberikan sensasi tersendiri yang membuat traveler seakan menyatu dengan alam. Meski belum begitu populer namun akses menuju ke lokasi tidaklah sulit. Apalagi sepanjang jalan traveler akan dihibur oleh hutan karet yang asri.

2. Kemolekan Kebun Karet Merbuh di Boja Akan Membuat Traveler Tergila-Gila

Kendal memiliki tempat yang seperti di luar negeri, namanya Perkebunan Karet Merbuh. Rasakan sensasi seperti taman-taman di Eropa yang ditumbuhi pepohonan yang ditanam sangat rapi. Perkebunan karet ini berada di kawasan Boja, kecamatan Singorojo dan menjadi tempat buruan anak muda untuk foto selfie.

Kebun Karet Merbuh di Boja Akan Membuat Traveler Tergila-Gila, via instagram

Pada area perkebunan di Merbuh ini terdapat pula bumi perkemahan yang memiliki pemandangan ciamik. Kata warga sekitar mereka yang berkunjung ke tempat itu kebanyakan malah bule-bule dari Jepang dan Belanda. Selain itu bumi perkemahannya juga sering digunakan untuk menggelar kegiatan kepemudaan baik tingkat daerah maupun nasional.

3. Curug Citro Arum, Masih Alami, Yakin Nggak Mau Kesini?

Pilihan wisata lainnya di Kabupaten Kendal adalah Curug Citro Arum. Sebuah air terjun setinggi 100 meter yang masih terbungkus hutan dan menghasilkan keindahan alam yang masih asli. Tiga tahun lalu air terjun ini baru saja dikenalkan sebagai salah satu destinasi wisata di desa Pakis, Kecamatan Limbangan.

Curug Citro Arum, source faza.ghilman

Ketinggian air terjun ini tidak ada yang mengalahkan seantero Kendal sehingga jadilah Curug Citro Arum sebagai air terjun tertinggi di Kota Santri ini. Terjunan air yang deras, dinding batu yang kokoh serta pepohonan yang tumbuh menjulang menjadi kombinasi apik yang kian mempercantik panorama di sekitar Curug Citro Arum ini.

4. Jika Sudah Melihat Keindahan Curug Semawur, Kamu Pun Jadi Ogah Cepat-Cepat Kabur

Air terjun lain yang bakal membuatmu betah berlama-lama di Kendal adalah Curug Semawur. Air terjun ini memiliki 8 tingkat yang masing-masing punya ketinggian yang berbeda. Lokasinya berada di ketinggian 1.300 mdpl dan menjadi hulu dari Kali Bajang. Jangan heran jika di google air terjun ini punya dua versi, selain di Kendal air terjun yang sama juga diakui terletak di kabupaten Batang.

Curug Semawur, source abi_hunter33

Curug Semawur memang terletak di perbatasan antara Kendal dan Batang. Namun secara administratif, area air terjun tersebut berada di wilayah dusun Jiwan, desa Blumah, kecamatan Plantungan, kabupaten Kendal. Untuk sampai di lokasi, traveler musti bekerja keras melintasi halang rintang berupa jalan setapak dan trek-trek menantang.

5. Menyaksikan Gaharnya Niagara Mini Lewat Curug Sewu

Keindahan Curug Sewu dijamin akan membuat mata pengunjung terpukau. Inilah air terjun dengan debit air terbesar di Jawa Tengah. Traveler dapat berkunjung ke desa Curug Sewu, kecamatan Patean untuk melihat langsung keindahan Niagara Mini ini. Air terjun terdiri dari tiga tingkatan yang menghasilkan panorama indah seperti di wallpaper komputer.

Curug Sewu, source mas.yoora

Total ketinggian Curug Sewu adalah 70 meter yang masing-masing terbagi dalam tiga tingkatan. Tingkatan pertama setinggi 45 meter sedangkan tingkat dua dan tiga masing-masing memiliki ketinggian 15 dan 20 meter. Traveler yang tidak ingin basah bisa melihat air terjun ini dari atas bukit sedangkan jika mau melihat dari dekat maka harus berjalan kaki menuruni ratusan anak tangga. Hasilnya tentu lebih luar biasa lagi.

6. Main Dulu ke Pantai Ngebum, Bisa Jadi Kamu Akan Makin Kagum

Posisi Kabupaten Kendal yang berhadapan dengan Laut Jawa tentu memberi berkah tersendiri dalam bidang pariwisata. Sebab hingga saat ini pantai masih menjadi daya tarik utama sebagian besar traveler. Salah satu pantai pilihan yang bisa traveler kunjungi adalah Pantai Ngebum. Pantai ini terletak di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu.

Pantai Ngebum, source fian_dji

Jalur menuju ke Pantai Ngebum sudah relatif mudah untuk dilalui. Jaraknya juga cukup dekat dengan pusat kota Kaliwungu hanya 6 km saja. Walau tidak memiliki pasir putih namun keberadaan pantai ini cukup menjadi pelipur hati traveler yang mengidamkan hawa pantai serta mandi di laut. Uniknya meski ada di utara Jawa namun pantai di sini memiliki ombak yang lumayan agak besar, so tetap berhati-hati jika berenang.

7. Pantai Sendang Sekucing, Primadona Wisatawan Saat Mengunjungi Kendal

Mau pantai yang lebih meriah dengan fasilitas yang lebih lengkap? Nah, kamu tinggal berkendara ke desa Sendang Sekucing, kecamatan Rowosari atau berjarak 22 km dari pusat kota Kendal. Pantai yang memiliki nama sama dengan nama desa keberadaannya ini menjadi salah satu pantai paling favorit untuk dikunjungi.

Sedekah laut di Pantai Sendang Sekucing, source fauzi_akbar_

Adalah Pantai Sendang Sekucing, pengelolaannya dilakukan oleh pihak swasta sehingga berbagai fasilitas pendukung telah dibangun disana. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan fasilitas seperti area bermain anak, hiburan ikan lumba-lumba, kebun binatang mini dan taman yang menghadap ke laut. Pemandangan indah juga tersaji saat sore hari dimana sunset akan nampak indah dari pantai ini.

8. Kebun Teh Medini, Akan Membuatmu Makin Jatuh Hati pada Kendal

Siapa yang menyangka jika Kendal ternyata punya kebun teh seindah Puncak, Bogor. Adalah Kebun Teh Medini yang terletak di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kebun teh yang telah ada sejak tahun 1901 ini bisa jadi tujuan wisata untuk memulihkan kembali tenaga yang sudah terkuras oleh aktivitas sehari-hari.

Kebun Teh Medini, source wibryn

Menarik untuk diketahui bahwa Kebun Teh Medini sering dijadikan traveler asal Belanda dan Jepang untuk bernostalgia. Namun keindahan ini tidak bisa kamu nikmati dengan mudah, jalan menuju ke lokasi tidaklah mulus seperti di Puncak. Mobil sedan tidak dianjurkan melintasi jalur tersebut karena kondisi jalannya bergelombang dan cukup dalam. Tapi setelah sampai di lokasi, ketegangan selama perjalanan akan buyar dengan sendirinya.

Masih ada tempat keren lain di Kendal? Oke, buat kamu yang punya destinasi lain dan belum ditulis oleh Travelingyuk bisa menambahkan dengan mengisi kolom komentar.

 

Artikel asli travelingyuk.com by Alfri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *