Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal Memang Luar Biasa. Kamu Nggak Akan Menyesal Saat Berkunjung Ke Sana!

Kendal, sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang terletak diantara Kabupaten Semarang dan Batang. Daerah yang populer dengan sebutan “Kota Santri” memang akrab dengan berbagai kegiatan keagamaan. Selain itu, Kendal pun mendapat julukan sebagai “Kota Seni dan Budaya” lantaran berbagai kegiatan kebudayaan yang sering digelar.

Tapi, tahukah kamu bahwa Kendal pun memiliki berbagai potensi wisata yang bisa kamu jelajahi saat singgah ke sana? Mulai dari pantai, goa, perkebunan teh, hingga waterboom bisa kamu temukan di Kendal – yang pastinya nggak akan membuatmu menyesal. Mau tahu selengkapnya? Yuk, kita jelajahi Kendal!

1. Nikmati sejuk suasana di Curug Sewu yang airnya mengalir dari ketinggian 80 meter

Segarnya deburan air Curug Sewu, source candrahariprima

Sejuknya udara pegunungan dan indahnya panorama alam ciptaan Tuhan akan menyambutmu begitu menginjakkan kaki di objek wisata yang terletak di desa Curug Sewu, sekitar 44 kilometer ke arah selatan dari pusat kota Kendal ini.

Rute berkelok lengkap dengan tanjakan yang melelahkan akan kamu temui saat akan menyambangi tempat ini. Tapi jangan khawatir, rasa capekmu bisa hilang seketika begitu melihat air terjun dengan topografi yang unik ini. Curug Sewu memiliki tiga tingkatan dan masing-masing tingkatan memiliki ketinggian yang berbeda-beda, yaitu 45 meter, 15 meter, dan 20 meter. Dengan total ketinggian 80 meter, pesona keindahan air terjun tertinggi di Jawa Tengah ini mampu membius mata kita dengan keelokannya.

Tak perlu khawatir karena di kawasan Curug Sewu terdapat menara dengan teropong pandang, sehingga kamu dapat keindahan Curug Sewu dari ketinggian. Selain bisa bertemu monyet-monyet liar, kamu pun dapat melihat penampakan pelangi di antara deburan air terjun jika sedang beruntung.

2. Rasakan sensasi menyusuri sungai bawah tanah sambil menikmati pemandangan stalaktit dan stalakmit di Goa Kiskendo

Goa Kiskendo yang masih alami source, Perumperhutani

Objek wisata alam yang terletak di Desa Trayu, Kecamatan Limbangan ini masih belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Kemegahan goa alam ini semakin lengkap dengan adanya aliran sungai bawah tanah, menjadikan tempat ini wajib kamu singgahi ketika vakansi ke Kendal.

Tak hanya bisa merasakan sensasi kesegaran sungai dengan kombinasi pemandangan stalaktit dan stalakmit yang indah, di Goa Kiskendo kamu akan menikmati kesunyian sensasi alam yang dapat menyegarkan pikiranmu. Tak perlu khawatir, karena akses ke objek wisata yang satu ini terbilang cukup mudah. Dalam perjalanan menuju ke Goa yang masih terletak di dataran tinggi ini kamu akan disuguhi dengan pemandangan perkebunan karet dan suasana khas pedesaan yang masih sepi. Lokasi ini juga dapat kamu tempuh selama satu setengah jam jika kamu sedang bervakansi ke Semarang.

3. Mampir ke perkebunan Teh Medini bisa jadi caramu menghilangkan penat akibat rutinitas sehari-hari

Segarnya suasana kebun teh Medini, source pesonamedini

Walaupun akses untuk menuju objek wisata yang satu ini cukup berat dilalui oleh kendaraan biasa, tapi pesona keindahan perkebunan teh yang berdiri sejak tahun 1901 ini tidak boleh kamu lewatkan ketika berwisata ke Kabupaten Kendal.

Terletak di ketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut, kawasan ini biasa dilewati oleh para pendaki yang ingin menaiki Gunung Ungaran. Medan berat yang dilalui dalam perjalanan akan terbayar dengan keindahan panorama alam yang ditawarkan oleh kawasan kebun teh Medini ini. Nah, jika ingin mengunjungi objek yang satu ini, Hipwee sarankan untuk mengendarai jeep atau motor yang memiliki tenaga besar (seperti trail) karena medan berbatu memang cukup merepotkan.

4. Manjakan tubuh dan matamu dengan berendam di kolam air panas Gonoharjo yang dikelilingi hutan cemara di kaki Gunung Ungaran

 

Segarnya berendam air panas di pemandian alam Gonoharjo, source Seputar Kendal

Setelah perjalanan yang melelahkan dari perkebunan teh Medini, tak salah rasanya jika kamu mencoba untuk berendam air panas di pemandian alam Gonoharjo, yang terletak tidak jauh dari kebun teh Medini. Pemandian yang populer dengan nama “Nglimut” oleh warga sekitar ini terletak di sebelah barat kaki gunung Ungaran.

Kombinasi ciamik antara pemandian alam dengan suhu 40 derajat yang dikelilingi oleh hijaunya hutan cemara akan membuat penat dan stresmu hilang seketika. Bagi kamu yang malas berbasah-basahan, menikmati segarnya aliran sungai kecil dengan ditemani secangkir teh panas juga bisa menjadi pilihan yang mengasyikkan.

Di sini juga terdapat kawasan lapang yang biasa digunakan untuk berkemah. Tapi ingat! jika ingincamping, sebaiknya mempersiapkan pakaian penghangat tubuh yang cukup tebal karena daerah ini terletak di dataran tinggi dengan suhu lembab dan basah.

5. Bagi kamu yang bosan dengan wisata alam, kolam renang Tirto Arum menawarkan keasyikan yang tak boleh dilewatkan

 

Serunya bermain air di Kolam renang Tirto Arum, source instagram

Jika tidak ingin jauh-jauh menuju wisata alam khas Kendal yang Hipwee sebutkan diatas, ada Kolam Renang Tirto Arum yang terletak di jalan Soekarno-Hatta kilometer 2,7 tepat di tepi jalan raya Semarang-Jakarta. Sebagai salah satu objek wisata favorit warga sekitar, kolam renang Tirto Arum ini menawarkan 3 kolam renang dengan fasilitas berbeda-beda, mulai dari kolam renang prestasi, rekreasi, dan kolam anak.

Kawasan ini masuk dalam salah satu objek Argowisata yang patut kamu kunjungi ketika mampir ke Kabupaten Kendal. Selain berenang, berbagai kegiatan lain bisa kamu lakukan di sini, seperti flying fox, arena ATV, permainan lumpur, dan arena uji nyali lainnya. Jika perutmu mulai lapar, terdapat resto lesehan yang menyediakan tempat memancing dan berbagai olahan ikan segar.

6. Berkunjung ke Kendal tak akan lengkap tanpa mencicipi gurihnya sate bumbon

Sate bumbon dengan bumbu rempahnya yang kuat, source instagram

Setelah lelah bertualang, tak ada salahnya jika kamu mencoba kuliner khas kabupaten Kendal yang satu ini. Sate sapi bumbon, terletak di kabupaten Pegandon dengan cita rasa khas yang mampu membuat mulutmu tidak berhenti mengunyah. Perbedaan sate ini dengan sate yang lain adalah proses memasaknya yang berbeda. Sebelum dibakar, daging-daging sapi yang telah dicacah kecil dan di tusuk ke tusukan sate dibumbui terlebih dahulu. Dan saat dibakar pun bumbu kembali dioleskan sehingga sate bumbon punya cita rasa yang luar biasa.

Sate sapi bumbon Pak Rohmad adalah tempat favorit warga Kendal untuk menikmati kuliner yang hanya dapat ditemui di Kabupaten ini. Selain nikmat, sate yang biasa dipadukan dengan sayur nangka dan tauge ini dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan gairah kerjamu, lho!

7. Lidahmu wajib dimanjakan dengan kelezatan rica-rica mentokkhas Kendal

Segarnya rica-rica mentok yang mampu menggoyang lidah, souce aryowidiyanto.blogspot.com

Tak puas dengan sate bumbon, lanjutkan perjalanan kulinermu dengan mengunjui warung rica-rica mentok khas Kendal. Dalam bahasa Jawa, “mentok” berarti itik. Itik dipilih karena dagingnya yang lebih empuk daripada daging bebek. Berbeda dengan sajian rica-rica yang biasa didominasi rasa manis dari kecap, masakan yang satu ini terasa lebih gurih dan pedas di lidah.

Warung milik Mbak Nur dan Mbak Kasmah yang akrab dipanggil “tante” yang terletak di belakang pos satpam PT. Tossa bisa jadi tujuanmu jika ingin mencicipi rica-rica mentok. Setelah menikmatinya, dijamin deh kamu bakalan ingin kembali ke Kendal!

8. Bagi kamu penyuka jeroan, Momoh adalah hidangan yang wajib kamu coba saat datang ke Kendal

Nikmatnya Momoh, jeroan yang dipadu dengan kuatnya bumbu rempah, source Solopos.com

Kadar kolesterol tinggi yang terdapat dalam jeroan seringkali menjadi momok banyak orang tidak mau mencicipi olahan yang satu ini. Berbeda dengan olahan jeroan biasanya, momoh diolah dengan menggunakan bumbu rempah dan gula Jawa sehingga dipercaya warga sekitar sebagai makanan penambah stamina.

Makanan yang satu ini diproses dalam waktu yang cukup lama agar bumbu-bumbu rempah bisa meresap dan mengurangi kadar kolesterol yang terdapat dalam jeroan. Meski makanan ini memang sedap untuk disantap, sebaiknya jangan makan berlebihan karena jerion yang tinggi kolesterol jelas tak baik bagi kesehatan.

9. Akhiri liburanmu dengan merasakan sensasi berenang bersama lumba-lumba di kawasan konservasi The Sea, Pantai Cahaya

Angin sepoi – sepoi tepian Pantai Cahaya Kab. Kendal, source pantaicahaya.com

Untuk melengkapi perjalananmu di Kabupaten Kendal, mengunjungi pantai yang lengkap dengan kawasan konservasi lumba-lumba adalah hal yang wajib kamu lakukan. Objek wisata The Sea,Pantai Cahaya yang terletak di desa Klampok, Kecamatan Rowosari ini menjadi spot yang cocok untuk menikmati senja dan mengakhiri hari.

Selain kemudahan akses lokasinya karena terletak di jalur pantura, pentas lumba-lumba adalah keunikan lain yang mampu memikat hati wisatawan untuk mengunjungi objek wisata ini. Bahkan, sensasi berenang di laut mati pun dapat kamu rasakan ketika mencoba berenang di kolam apung yang disediakan di sini. Oh iya, ada pula terapi lumba-lumba yang digadang-gadang mampu menyembuhkan pengunjung dengan penyakit tertentu, seperti, stroke, alergi, atau anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Kabupaten Kendal memang belum tersohor sebagai kota tujuan wisata seperti kota-kota lainnya. Tapi justru inilah yang jadi kelebihan Kendal, karena kita tak perlu khawatir akan menemui tempat wisata yang penuh sesak dengan pengunjung saat datang ke sana. Nah, gimana? Tertarik berlibur ke Kendal?

 

 

Artikel asli: hipwee.com by  Reza Akhmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *