Cicip-Cicip Makanan Khas Kendal

Nikmatnya Kuliner Khas Kendal

Haaiiii….. Gaes Siapa sih yang gak tau Kota Kendal, Kendal adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Semarang, Batang, Temanggung. Kendal juga terkenal dengan julukan Kota Santri, karena di Kendal banyak berdiri Pondok Pesantren dengan santri yang sampai ribuan orang. Pada tau nggak gaes apa aja sih makanan khas kendal,banyak makanan enak dari Kendal yang bisa dicoba dan dinikmati. Beberapa kuliner khas Kendal yang wajib dicoba adalah sebagai berikut:

1. Sate Bumbon

Tak ada yang dapat membantah cita rasa sate yang satu ini, soure jwjarwati

Mungkin Sobat masih asing dengan sate bumbon,ini adalah salah satu makanan khas Kendal yang wajib sobat cicipi saat berkunjung ke Kendal. Penampilan sate Bumbon awalnya terlihat biasa dan sama seperti sate lain pada umumnya. Namun, sate dari daging sapi ini terasa empuk pada gigitan pertama,belum lagi bumbu kacang yang menambah nikmatnya selera makan. Yang khas dari sate ini adalah menu pelengkap yang disediakan, biasanya kita makan sate hanya dengan lontong atau nasi, sate, bumbu kacang, cabai rawit, dan bawang merah iris. Ternyata sate ini dihidangkan bersama sayur lodeh nangka muda. Sebuah variasi rasa yang tepat karena rasa gurih sayur berpadu dengan rasa manis dan pedas sate daging sapi. Rasa gurih, manis, dan pedas berpadu dengan sate daging sapi yang empuk membuat makin menarik.

2. Kerupuk Rambak

Gurihnya Krupuk Kulit Rambak khas Kendal, source Tribun Jateng

Kerupuk Rambak Sapi

Kerupuk rambak adalah makanan khas Kendal lainnya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kerupuk rambak juga pas dijadikan oleh oleh khas Kendal. Bahan baku yang berasal dari kulit kerbau didatangkan dari Demak, Jepara, dan Pekalongan, namun saat ini mulai digantikan dengan kulit sapi, namun saat ini beberapa mulai memproduksinya dari kulit sapi. Yang membuat kerupuk rambak kendal ini istimewa adalah rasanya mantab,karena menggunakan bumbu khas yang lain daripada yang lain.

Bagi kamu yang tidak sempat ke Kendal tidak perlu khawatir untuk menikmati gurihnya kerupuk rambak khas Kendal ini, kamu bisa cek di situs jual beli online seperti Bukalapak atau Tokopedia. Nikmati bersama keluarga tercinta akan lebih nikmat, atau untuk hadiah ke sanak famili juga bisa.

Kerupuk Rambak Kerbau

3. Momoh Kendal

Bagi sebagian orang, jeroan sapi dihindari karena mengandung kolesterol tinggi, namun bagi masyarakat Kaliwungu, jeroan sapi diolah menjadi makanan penambah stamina. Jeroan sapi diolah dengan bumbu rempah-rempah dan tambahan gula jawa sehingga dapat bertahan lebih lama. Menu khas Kaliwungu ini dinamakan momoh. Tentu bukan saja jeroan sapi saja yang dimasak, jeroan sapi dimasak bersama dengan rempah – rempah pilihan khas Kendal Momoh bisa dibungkus dan dijadikan oleh oleh khas Kendal.

4. Rica-rica Mentok Kendal

Kuliner khas Kendal lainnya yang wajib adalah rica – rica Mentok khas Kendal, bedanya dengan rica-rica yang lain yaitu bumbunya yang khas dan spesial. Adanya kombinasi pedas, asin, manis, dan gurih membuat rica-rica menthok menjadi makanan yang harus selalu ada jika ke Kendal. Jangan lupa mampir untuk mecicipi, dijamin nggak bakal rugi sobat.

5. Bebek Ijo

Makanan yang satu ini juga nggak kalah enaknya sobat dan juga bikin penasaran. Bebek ijo Kendal memiliki rasa pedas dari cabe hijaunya yang sangat banyak. Begitupun dengan daging bebeknya tidak kelihatan warna daging bebek yang jika digoreng coklat, tapi ini malah berwarna hijau, teksturnya dagingnya yang tidak alot menambah kenikmatan saat memakannya. Sobat tidak perlu takut kolesterol naik setelah makan bebek ijo ini  karena dijamin rendah kolesterol. Pengolahan daging bebeknya dengan cara di ungkep dan dikukus. Begitupun dengan usia bebek yang digunakan, dipilih yang berumur 3-4 bulan sehingga masih tergolong muda.

6. Mangut Lele Kendal

Umumnya ikan mangut dibuat dari ikan laut seperti ikan kakap atau ikan pari. Di Kendal, ikan mangut dibuat bukan dari ikan laut melainkan dari ikan darat, nah di Kendal bahan utama untuk membuat mangut adalah ikan lele. Mangut Lele memang jarang dijumpai di warung makan. Sebab yang namanya mangut, biasanya dari ikan pare, ikan sembilang atau ikan manyung. Sedang ikan lele, biasanya dimasak goreng atau dipecel. Untuk pecinta masakan pedas,makanan ini sangat cocok bagi mereka, setelah makan mangut lele, keringat akan keluar. Hal ini membuatnya menjadi segar dan bersemangat melakukan aktifitas.

7. Brongkos

Brongkos terbuat dari daging sapi yang dioleh dengan bumbu-bumbu khas yang menjadikan brongkos terasa berbeda dari olahan daging sapi yang lain. Brongkos dapat ditemui disemua warung makan di Sukorejo. Brongkos juga tidak hanya berisi daging saja, tetapi ada pelengkap lainnya juga seperti tahu goring, kulit,  dan daun melinjo, kuahnya pun menggunakan kuah santan, dijamin enakkkk dehh…!

8. Kerupuk Duri Bandeng

Biasanya ikan bandeng dimasak untuk dijadikan lauk dan dimakan bersama dengan nasi. Namun makanan khas Kendal ini sangat unik, ikan bandeng bisa disulap menjadi kerupuk yang renyah dan gurih, kok bisa ya. Kerupuk Ikan Bandeng ini sangat pas bila dijadikan oleh – oleh khas Kendal. Kalau sobat penasaran silahkan datang ke pusat oleh – oleh di Kendal, yaitu di pasar Kendal Permai lantai 2, di alun – alun Kendal. Selain Kerupuk duri bandeng, sobat juga bisa mendapatkan jajanan khas Kendal lainnya seperti kripik bandeng dalam keadaan matang atau mentah.

One Response to “Cicip-Cicip Makanan Khas Kendal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *